Membuat server nodejs (01)

Sudah lebih dari 10 tahun saya menjadi programmer PHP dan ada saatnya merasa jenuh. Dua atau tiga tahun ke belakang saya sempat nyoba-nyoba belajar nodejs dan golang tapi tidak pernah fokus belajar hanya tergantung mood saja akhirnya yang diingat hanya sebatas cara membuat server nodejs saja. Proses belajar yang tidak beraturan loncat-sana loncat-sini ditambah long-project yang selalu datang adalah project PHP membuat hasil belajar ga pernah ada peningkatan dan malah jadi lupa gak berbekas maklum mungkin ada faktor umur juga hehe.

Hal lainnya yang selalu ingin saya lakukan tapi tak kunjung dieksekusi adalah MENULIS dan mungkin inilah saatnya. Saya ingin menuliskan semua hal yang pernah saya pelajari minimal untuk catatan diri sendiri dan mudah-mudahan bisa istiqomah untuk terus menulis khususnya tentang nodejs ini.

Baiklah, untuk mengawali cacatan tentang ‘belajar nodejs’ ini akan saya mulai dengan hal yang sangat sangat sangat sederhana yaitu bagaimana cara membuat dan menyalakan server nodejs. Silahkan install nodejs terlebih dahulu (https://nodejs.org/en/download/).

Basic scafolding

Nodejs memiliki 2 aplikasi dasar yaitu :

  1. Script processor
  2. REPL (Read Eval Print Loop)

Script processor berupa command node yang dipanggil di terminal atau cmd untuk mengakses sebuah file lalu mengeksekusi isi file tersebut.

node {nama file}

contoh

node index.js

Kita coba praktekan, buat folder belajarnode lalu buat file index.js di dalam folder tersebut. Isi file tersebut dengan kode di bawah ini.

//perintah untuk menampilkan output pada consol
console.log('mulai belajar node');

lalu jalankan perintah berikut pada terminal atau cmd (masuk ke direktori belajarnode terlebih dahulu ya)

node index.js

Test command node di terminal

Sedangkan REPL, adalah interactive runtime js. Untuk menggunakan feature ini kita hanya perlu memanggil command node tanpa diikuti nama file seperti sebelumnya. Setelah itu kita bisa menulis perintah apapun dalam javascript dan mengeksekusinya. Silahkan coba untuk ekseksusi console.log() dengan REPL.
REPL nodejs

Start Server

Untuk membuat server dan menyalakan nya dengan nodejs cukup mudah, kita hanya perlu membuat beberapa baris kode seperti di bawah ini. Buat file server.js lalu copy skrip berikut ini.

//gunakan module http
var http = require("http");

//buat variabel server untuk handle request dan respon
var server = http.createServer(function(request, respon) {//callback
  //kirim respon
  respon.end("halooo guyss....");
});

//start server dan listening di port 3000
server.listen(3000, function() {
  console.log("server nyala dan listening di port 3000");
});

lalu eksekusi node server.js

menjalankan server nodejs

lalu buka browser dengan url http://localhost:3000

test node js di browser

 

Saya cukupkan sampai di sini untuk post pembuka mengenai nodejs, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *